Selasa, 28 Agustus 2018

Cara Mudah Mempelajari Coding

CARA MUDAH BELAJAR CODING UNTUK PEMULA





Kali ini saya ingin  menjelaskan dulu materi awal yang dibutuh kan untuk pemula yaitu logika coding ,sebelum memasuki materi nya saya ingin tanya apa sih progammer?itu.
Progammer yaituSeseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian di dalam membuat dan menyempurnakan suatu program.Coding bukan hal yang menakutkan apalagi setiap orang mengetahui coding itu sulit ,gini menurut saya coding bukan hal yang sulit ,asal kan kita mau belajar dan belajar ,dan kalau gagal ? kita tidak boleh putus asa kita harus mencoba dan mencoba lagi sampai berhasil .





Harus dari mana sih kita belajar mencoding atau belajar tentang bahasa pemrograman ???

1 . Pilih satu bahasa pemrograman yang ingin kawan - kawan kuasai . Terserah mau bahasa pemrograman apa saja , bisa bahasa pemrograman dekstop seperti java , c++ , c , dan masih banyak yang lain atau bisa bahasa pemrograman web seperti php dan yang lainya . Tapi saya anjurkan bahasa java , karena blog saya membahas tentang java dan java menurut saya tidak terlalu sulit .

2 . Selalu mencoba mengotak atik coding . Dengan kita mengotak atik coding kita akan tau dan akan terbisa dengan yang namanya coding . 

3 . Error merupakan hal yang wajar dalam belajar . Setiap orang yang sedang belajar pasti sering mengalami yang namanya error , begitu juga dengan saya sendiri . 

4 . Carilah tutorial dari buku ,entah itu kawan-kawan membeli buku atau meminjam buku terserah kawan-kawan . Selain buku juga bisa mencari lewat internet bersama embah google . Bisa juga ni baca di blog ini , lagi lagi promosi ni hehehe....

5 . Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mencoding . Ingat pepatah jawa bilang "Tresno jalaran soko kulino" yang artinya suka itu karena sudah terbisa . Jadi jika kawan-kawan sudah terbiasa dengan coding maka lama kelamaan kawan-kawan akan suka . Apa lagi jika kita menemukan error dan kita bisa mengatasi nya rasanya itu seperti kejatuhan durian runtuh . 

6 . Bergabunglah dengan forum - forum programming yang sudah ada dan mulailah sharing ilmu dengan yang lainnya .

Kemudian untuk belajar java saya berikan sedikit arah an harus mulai dari mana dulu . Kalo menurut saya sendiri dalam belajar java enaknya mengikuti alur seperti ini . 

1 . Membaca dahulu tentang apa itu java dan apa saja yang di perlukan .
2 . Belajar tentang bagaimana cara membuat project , saya sarankan menggunakan IDE netbeans.
3 . Belajar tipe data dan operator.
4 . Belajar seleksi kondisi (IF - ELSE atau SWITCH CASE).
5 . Belajar looping atau perulangan (FOR , WHILE dan DO WHILE).
6 . Belajar Method (FUNGSI dan PROSEDUR).
7 . Belajar array satu dimensi dan juga dua dimensi atau matrik kemudian juga array banyak dimensi .

Saya kira itu sudah cukup untuk membuat kawan-kawan mengerti tentang bahasa pemrograman java . Itu merupakan materi dasar dalam perkuliahan di sebut dengan algoritma . Kalian harus menguasai itu dulu untuk belajar java lebih lanjut karena masih banyak jika kita berbicara tentang java .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Pemain Bola :Saddil Ramdani

Profil Pemain Timnas U-23 Indonesia: Saddil Ramdani     MURTIANTO       16/08/18 - 13:40       1763 (bolalob.com) Mel...